Wednesday, 31 August 2016

GENCAEKAN BRANDING JOGLOSEMAR
 
Sinergi, Kunci Pemasaran Pariwisata
YOGYA (KR) - Branding destinasi Joglosemar, yakni Yogyakarta, Solo dan Semarang, harus makin digencarkan. Semangat branding harus mengedepankan siner-gisitas, dan tidak jalan sendiri-sendiri.
"Sinergi, jadi kunci utama pemasaran pariwisata di kawasan Joglosemar," kata Ir Rizky Handayani MBIT, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara, Kementerian Pariwisata RI, dalam talk show dan sosialisasi brand Joglosemar, dalam rangka penyusunan strategi destinasi branding Joglosemar, di Hotel Eastparc, Yogya, Selasa (30/8). Pembicara lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Dr Prasetyo Aribowo SH MSoc Sc, Wakil Ketua PHRI DIY, Drs Herman Tony dan pakar pemasaran pariwisata dan tim penyusun, Ike Janita Dewi MBA PhD.
Dipaparkan,    Joglosemar
merupakan salah satu dari 10 destinasi unggulan di Indonesia yang dinilai penting untuk memiliki destination brand untuk menarik minat danjumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Hal ini sejalan dengan salah satu bentuk strategi pemasaran pariwisata Indonesia guna memenuhi target kunjungan wisman tahun 2019 sebesar
20 juta orang.
Kegiatan ini untuk melengkapi brand Wonderful Indonesia yang merupakan master brand pariwisata Indonesia serta keseluruhan. Pengembangan brand destinasi pariwisata ini tidak terbatas pada pengembangan nama atau identitas, visual, penetapan brand, namun juga penyelarasan dengan identi-
tas masterbrand yang sudah ditetapkan Kementerian Pariwisata. Hal ini akan menciptakan strategi pemasaran yang selaras dan lebih terarah untuk masing-masing destinasi unggulan.
Dalam proses penyusunan destination brand di wilayah Joglosemar ini, telah dilaksanakan kegiatan untuk menjaring aspirasi dan pendapat seluruh pihak terkait, untuk mengembangkan brand Joglosemar, yang menghasilkan sebuah brand JavaL Cultural Wonders dengan logo Candi Borobudur sebagai signature product yang dimiliki oleh destinasi Joglosemar, brand-name Java yang dianggap mampu menyatukan seluruh potensi wisata yang ada serta tagline Cultural Wonders yang mempresentasikan kekuatan wisata yang ada dan dimiliki destinasi Joglosemar yang berlokasi di Jantung Pulau Jawa.             (Rsv)-o

No comments:

Post a Comment