Tuesday, 30 August 2016

Cerita Mukidi Tak Kalah dengan Meme dan Video Pendek

CERJTA-Cerita Mukidi yang naik diaun di media social adalah konten berbasis teks. Temyata keberadaannya mampu bersaing dengan konten seperti foto, meme, video pendek serta konten audi visual, yang jauh Iebih cepat dicerna ketimbang tulisan. Mengapa?

Hariqo Wibawa Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi di Depok (29/08) menjelaskan, sepanjang 2012 hingga 2016, konten tulisan yang panjang-panjang tersingkir oleh konten seperti foto, meme video pendek yang cepat dicerna. Konten yang paling cepat diproduksi adalah foto dan video kejadian, begitu "cekrek," bisa langsung di-upload di media sosial atau grup percakapan. Bisa jadi viral bisa juga tidak. Tulisan termasuk kontenyang sulit, butuh imajinasi tinggi dan gaya penyajian yang pas.

Namun, dengan menjadi viralnya cerita-cerita Mukidi di berbagai grup layanan pesan instan, media sosial, membuktikan bahwa konten tulisan mampu bersaing di era digital. Ini bukti bahwa masyarakat masih suka membaca tulisan yang panjang-panjang, ini kabar gembira dan motivasi bagi para penulis.

"Cerita Mukidi yang berbasis teks hadir ditengah dominasi foto, meme, video pendek. Selera masyarakat tidak berubah, konten yang paling disukai adalah yang lucu dan menghibur. Cerita Mukidi punya kekuatan di Mukidinya, banyak cerita Mukidi yang hits, sehingga jika ada cerita baru Mukidi bisa dianggap sama lucunya dengan cerita sebe-lumnya/ jelas Hariqo Wibawa Satria

Dari Soetantyo Moechlas, 62, penulis Cerita-Cerita Mukidi, terkandung pesan banyak hal. Pertama, konten tulisan akan tetap eksis di dunia digital, tergantung isi konten dan penyajiannya dan seberapa konsisten kita memproduksinya.

Cerita Mukidi sudah lama diproduksi secara konsisten dan baru sekarang populer, jadi populernya Cerita Mukidi sebanding dengan kerja keras penulisnya. "Kedua, dunia konten adalah milik siapa saja yang berani produksi, bukan dominasi anak muda, orang berusia 62 tahun seperti Pak Soetantyo bisa mengalahkan generasi muda yang masih jadi penikmat konten* tambah Haricjo yang juga Alumnus Pascasarjana Unv Paramadina

Jurusan Diplomasi ini.

Hariqo menambahkan, dalam banyak diskusi tentang media baru yang diadakan oleh Komunikonten. Sering dikatakan generasi yang lahir tahun 90-an sudah kurang tertarik membaca konten-konten berisi tulisan yang panjang. Mereka Iebih tertarik pada konten sederhana yang cepat dicerna dan spontan membuat orang senyam senyum. "Sekali lagi Cerita Mukidi membuktikan bahwa ungkapan itu tidak selalu benar," ungkapnya.

Nah, pertanyaan selanjutnya menurut Hariqo adalah, apakah cerita-cerita Mukidi bisa diekspor sehingga menjadi instrumen diplomasi mengenalkan budaya Indonesia?, "Bisa saja, tinggal disesuaikan dengan selera humor penghuni bumi, diterjemahkan kebahasa dunia Bukan hal yang mustahil jika suatu hari nanti saat kita naik pesawat terbang," ungkapnya.

Tayangan-tayangan "Just For laughs" yang biasa kita tonton berganti dengan Cerita-Cerita Mukidi yang lucu dan sarat pesan. Cerita-Cerita Mukidi juga bisa divideokan bukan. "Nah sekarang pilihan ada pada kita, dengan fakta kecepatan akses internet, terjangkaunya harga telepon pintar, kian banyaknya aplikasi media sosial serta grup percakapan, telah memudahkan siapapun membuat, menyebar konten seperti meme, video, foto, infografis dan tulisan. Kini setiap orang bisa memilih, jadi sekadar penikmat konten, atau sekaligus produsen konten," paparnya, (ibl)

No comments:

Post a Comment